Kamis, 31 Juli 2014

Menyingkap TabirNya

QS. Aali 'Imran (Ali 'Imran) [3] : ayat 17

[3:17] (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.
foto : Innuri lokasi : pantai Gua Cina Malang Selatan

Sehabis ramadhan, aku berusaha memelihara shalat malam, bila ramadhan rajin tarawih 8 rekaat dan witir 3 rekaat, sekarangpun begitu, tapi namanya jadi shalat malam.  Aku merasakan begitu indahnya malam-malam yang hening dalam ruku dan sujudku mengakrabi Allah.  Dan Allah membalasnya dengan 'pembicaraan' manis antaraku denganNya.

Namun shalat tahajudku malam ini terasa hambar, jiwaku seperti tidak bisa mendengar 'bicara' Allah padaku yang biasanya sejuk dan menenangkan jiwa.  Akupun mencarinya di sudut hatiku, apakah yang salah ?  Yak ! ketemu , ternyata siang tadi aku ngrasani orang (ghibah) walau maksudnya untuk mencari solusi, tapi ghibahnya jadi kebacut (keterlaluan).  Aku telah terpeleset lidah.

Ada banyak hal yang merusak kelezatan dekat dengan Allah, selain ghibah, segala perasaan negatif seperti marah, tidak sabaran, tidak ikhlas, buruk sangka dll semua itu bisa membuat kita terdinding/terhalang  dari indahnya Allah dengan segala pesonaNya.

Karena itu betapa pentingnya menjaga diri untuk selalu suci, lisan , perbuatan, pendengaran, penglihatan dan hati.  Menjaga kesucian diri itu lebih mudah daripada mensucikannya setelah terkotori.

Karena kita tidak tahu sudahkah diri ini tersucikan dan juga karena kita tidak bisa meminta maaf satu persatu kepada yang pernah kita dhalimi , maka rajin-rajinlah memohon ampun kepada Allah dan mendoakan orang-orang yang pernah kita dhalimi untuk mendapatkan ampunan Allah.  Dan karena kita juga sering lupa siapa orang yang pernah kita ghibah dan kita dhalimi, maka sebaiknya memohon ampun untuk seluruh muslim dan muslimat di seluruh dunia.
Upaya pembersihan diri lewat istighfar dilakukan berbarengan dengan menjaga diri untuk tidak 'memproduksi' dosa baru.

Jiwa yang suci bisa membuka tabir/hijab yang membuat kita bisa merasakan keindahanNya, dan rasakanlah betapa tidak ada yang lebih indah di dunia ini selainNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar