Selasa, 03 Maret 2015

Strategi Saat Melihat Hantu

Dear Allah lovers .

Bangun jam 2 dini hari untuk shalat, bukan shalat tahajud , tapi shalat isya'. Alasan (yang dibuat-buat) karena  kecapean memberi pelatihan batik painting di Bangkalan Madura, jadi pules manja deh ... haha.

Gak tahu kenapa , saat shalat kok dikuntit sama hantu ... pernah mengalami ? Mengganggu banget sepanjang shalat, bukan soal bentuknya yang bikin risih , tapi mengganggu di pikiran juga.

Usai shalat, bersiap pules episode kedua ,  masih sempat bertanya pada Allah, bagaimana cara mengatasi gangguan melihat hantu. Alhamdulillah, Allah memberikan jawaban dengan caraNya.

Tapi kita bikin definisi dulu ya , hantu itu sebenarnya apa sih ? Definisi ala Innuri,  pokoknya sesuatu yang menyeramkan (walau ada yang cantik, aku belum pernah ketemu sama yang ganteng, mungkin karena yang ganteng gak berselera sama wanita STW ... hehehe) yang wujudnya tidak bisa diraba dan disentuh, tapi terlihat mata batin , atau mata lahir yang penglihatannya ditajamkan Allah.

Bagaimana strategi saat bertemu hantu ?
Fokus pada Allah, maka secara otomatis mereka akan menyingkir. Jadi alihkan pikiran pada Allah saja, gak usah pedulikan mereka.  Ini tidak mudah dilaksanakan, tapi akan sangat mudah bila kita bisa memposisikan diri 'di atas' , maksudku  sadari bahwa kita ini makhluk yang diciptakan lebih mulia dan lebih sempurna dibandingkan mereka, jadi jangan gentar dengan kehadiran mereka, pun jangan bersikap memusuhi atau konfrontatif.

 Lawan dari memposisikan diri di atas, adalah memposisikan diri di bawah, yang ditandai dengan perasaan takut , merasa seram atau ngeri dengan penampakan mereka.  Bila kita seperti ini , maka dengan mudahnya mereka akan memasuki pikiran dan perasaan kita. 

Cara membangun mind set agar bisa memposisikan diri di atas, adalah dengan menyadari fungsi kehadiran mereka adalah untuk memperkuat kita secara mental dan spiritual, bukan untuk membuat kita ketakutan dan tertekan.  Inilah salah satu tujuan mereka diciptakan Allah. Kita tahu bumi dan seisinya diciptakan Allah untuk manusia, ada yang berguna untuk mempertahankan kehidupan, memberi energi, memberi kebahagiaan, menolong dan membantu kita dalam segala urusan , memberi tekanan agar kita kuat, dan untuk memperkuat mental spiritual kita salah satunya adalah kehadiran makhluk-makhluk yang menurut kita aneh dan menyeramkan.

Pernah beberapa malam berturut turut, tiap kali bangun malam selalu disambut oleh hantu, dan aku selalu takut sampai membangunkan mas Hary.  Hingga pada suatu malam, aku bilang pada mereka, terimakasih, kehadiranmu telah membuatku berdzikir dan mengingat Allah. Eh, mereka malah kabur.

Jadi saat aku dalam posisi ketakutan , aku telah memposisikan diri di bawah mereka, dan begitulah hasilnya, mereka semakin semena-mena.  Tapi saat aku menyadari, bukankah kehadiran mereka telah membuat mulutku komat kamit mengucap dzikir ? dan aku merasa diuntungkan dengan hal itu, berarti  aku telah memposisikan diri di atas mereka.

Jadi, jangan takut hantu,  takutnya diumpetin saja di bawah kasur ....hehe